Deklarasi Janji Perbaikan Pelayanan dan Pengukuhan Kelompok Kerja Masyarakat Peduli Kesehatan Kabupaten Lumajang

Derajat kesehatan masyarakat sangat dipengaruhioleh 4 hal yaitu Perilaku, Lingkungan, Pelayanan Kesehatan dan Keturunan. Indikator yang digunakan untuk mengukur tinggi rendahnya derajat kesehatan masyarakat salah satunya adalah Angka Kematian Ibu (AKI) danAngka Kematian Bayi (AKB).
Pada beberapa tahun terakhir ini AKI dan AKB di Kabupaten Lumajang menunjukkan angka yang kurang menggembirakan. Ada kenaikan yang cukup signifikan dari tahun ketahun. Disamping AKI-AKB yang secara global harus kita tuju dengan MDG’s tahun 2015, salah satu indikator dari pelayanan kesehatan ibu dan bayi adalah dengan SPM.
Berdasar pada hal tersebut maka Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang melakukan beberapa upaya kegiatan Penentuan Puskesmas yang perlu mendapat pendampingan secara intensif berdasarbesarnyapermasalahan yang ada. Adapun Puskesmas Pendampingan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang adalah Kedungjajang, Pasirian, Bades, Yosowilangun, Sukodono, Tunjung, Rogotrunan, Tempeh, Pronojiwo, Penanggal, Gesang dan Randuagung.Deklarasi Masyarakat Peduli Kesehatan Lumajang 1Salah satu kegiatan penting untuk masalah diatas adalah peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu danbayi di Puskesmas. Sebagai titik pijakan dalam kegiatan ini adalah peningkatan pelayanan kepada public konsentrasi pada program Persalinan Aman, IMD dan ASI Eksklusif dengan melibatkan masyarakat. Adapun Puskesmas show window adalah Puskesmas Rogotrunan dan Puskesmas Yosowilangun.
Dukungan masyarakat sangat diperlukan dalam pencapaian indikator program kesehatan ibu dan bayi dengan memberikan dukungan mulai dari survey IKM, analisa IPM sampai penyusunan janji dan rekomendasi perbaikan pelayanan di Puskesmas. Banyak hal telah dilakukan oleh Puskesmas Rogotrunan maupun Puskesmas Yosowilangun dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan bayi utamanya Persalinan Aman, IMD dan ASI Eksklusif.Deklarasi Masyarakat Peduli Kesehatan 2Dalam rangka menyebarluaskan informasi kegiatan yang telah dilakukan oleh Puskesmas show window beserta Kelompok Masyarakat Peduli Kesehatan dilaksanakan kegiatan Pengukuhan Pokja MPK (Kelompok Kerja Masyarakat Peduli Kesehatan) serta Deklarasi Janji Perbaikan Pelayanan dan Rekomendasi Perbaikan Pelayanan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 April 2015 bertempat di ruang pertemuan nararya kirana (lantai 3 ) Pemkab Lumajang yang dihadiri oleh Asisten 3 pemerintah provinsi JawaTimur, Biro Kesra provinsi jatim, narasumberdari USAID dan dihadiri pula sejulmlah 150 orang yang terdiri dari Kepala Satker terkait, kepala Puskesmas dan camat seluruh kabupaten Lumajang,LSM dan puskesmas Rogotrunand anYosowilangun.
Deklarasi Masyarakat Peduli Kesehatan 3 Deklarasi Janji Perbaikan Pelayanan dan Rekomendasi Perbaikan Pelayanan dibuat berdasarkan “Survei Pengaduan Masyarakat” yang dilaksanakan dari tanggal 27 Oktober sampai dengan 17 Desember 2014 yang diucapkan oleh             dr. Cahyo selaku kepala puskesmas yosowilangun terdiridari 16 item, yang diantaranya adalah Berupaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan pendanaan melalui Komunitas Masyarakat PeduliKesehatan, Optimalisasi petugas kebersihan dan Memasang pesan-pesan tentang kebersihan di Kamar Mandi dan Pengadaan tempat sampah tertutup dan pewangi di kamar mandidan lain-lain. Sedangkan janji perbaikan pelayanan dan rekomendasi perbaikan pelayanan yang dibacakan oleh dr Rosalia Retno selaku kepala puskesmas Rogotrunan terdiri dari 9 item yang diantaranya model registrasi pasiendengan finger print “jempol nempel pelayanan ora angel”, Memastikan petugas loket/KIA ramah dengan menerapkan 5 S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun)dan lain-lainDeklarasi Masyarakat Peduli Kesehatan 4Untuk hal-hal yang di luar kewenangan dan kemampuan Puskesmas Yosowilangun dan Rogotrunan Kabupaten Lumajang tersebut, dilakukan pengajuan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang agar memperoleh tanggapan. Dan kedua puskesmas berjanji untuk mengumumkan kepada masyarakat jika tanggapan tersebut telah diterima.
Secara terbuka kedua puskesamas juga mengundang partisipasi masyarakat untuk terus mengawasi kinerja pelayanan di Puskesmas Rogtrunan dan Puskesmas Yosowilangun dan segera memasukkan pengaduan (keluhan) ke kotak pengaduan yang tersedia atau langsung kepada staf  Unit Pengelola Pengaduan Masyarakat (UPPM), terutama jika Janji Perbaikan Pelayanan yang disebut di atas belum dipenuhi.Deklarasi Masyarakat Peduli Kesehatan 5Pada hari yang sama juga dilakukan pengukuhan kelompok kerja Masyarakat Peduli Kesehatan tingkat Kabupaten Lumajang oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang sehingga ada legalitas kelompok kerja dan komunitas peduli kesehatan yang akan menjadi pendamping dalam upaya peningkatan pelayanan publik dengan konsentrasi pada Persalinan Aman, IMD dan ASI Eksklusif di Kabupaten Lumajang.